Cara Mengobati Penyakit Maag Dengan Daun Sirih Merah

Share this product :
Daun Sirih Merah
Instan46 : Manfaat Daun Sirih Merah Untuk Maag

Sirih merah atau bahasa Latinnya Piper crocatum, kini hadir tidak hanya sebagai tanaman hias, tapi juga tanaman herbal sirih merah tradisional penderita kencing manis (diabetes mellitus - DM).
Secara empiris, selain kencing manis, herbal sirih merah sering dimanfaatkan sebagai obat alternatif ambeien, peradangan, kanker, asam urat, hipertensi (darah tinggi), hepatitis, kelelahan dan maag.

Senyawa fitokimia yang terkandung dalam teh sirih merah yakni alkoloid, saponin, tanin, dan flavonoid. Menurut Ivorra, M.D dalam buku “A Review of Natural Product and Plants as Potensial Antidiabetic,” senyawa aktif alkaloid teh sirih dan flavonoid teh merah memiliki aktivitas hipoglikemik atau penurun kadar glukosa darah. Hara (1993) menyatakan senyawa tannin herbal sirih dan saponin dapat dipakai sebagai antimikroba (bakteri dan virus).

Cara Pembuatannya :
  1. Ambil 7 lembar daun, cuci lalu dirajang kasar saja (lebar 1-2 cm).
  2. Rebus dengan 2 gelas air, mendidih 5 menit dengan api kecil.
  3. Setelah dingin disaring, bisa untuk minum 2x.
  4. Dosis minum cukup 2x sehari.
NB: Jangan lupa panci tetap tertutup pada saat merebus sampai air didinginkan untuk menghindari hilangnya minyak atsiri dalam sirih merah.
Pada prinsipnya kandungan minyak atsiri daun sirih merah yang bersifat antibiotik alami untuk penyembuhan tukak lambung.

Comments
0 Comments

Posting Komentar

 
Copyright © 2013. Manfaat Kesehatan - All Rights Reserved